Pengumuman, PMB Unsrat Melalui Program Tumou Tou

Pendidikan, SULUT1351 Dilihat

SULUT, TI – Universitas Samratulangi Manado (Unsrat Manado) memasuki tahun ajaran 2024/2025 akan menerima mahasiswa baru untuk seluruh fakultas yang ada di perguruan tinggi ternama di Sulawesi Utara tersebut.

Salah satu jalur yang bisa dipakai oleh calon mahasiswa baru masuk ke Unsrat adalah melalui jalur program Tumou Tou (T2).

Dan berikut pengumuman dari Unsrat terkait penerimaan mahasiswa baru (PMB) melalui jalur Tumou Tou;

Universitas Samratulangi Manado tahun akademik 2024/2025 akan menerima mahasiswa baru program sarjana strata 1 (S1) melalui jalur mandiri program Tumou Tou (T2) dilaksanakan berdasarkan Permendikbud-Ristek nomor 48 tahun 2022 dan nomor 62 tahun 2023:

1. Penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri program Tumou Tou (T2) melalui;
a. Penilaian hasil ujian tulis berbasis komputer Tumou Tou (UTBK-T2)
b. Penilaian hasil ujian tulis berbasis komputer Tumou (UTBK-T2) dan Portofolio.

2. Calon mahasiswa yang sudah lulus SNBP 2024 tidak diperkenankan mengikuti UTBK-T2 tahun 2024.

3. Calon mahasiswa yang sudah lulus UTBK, SNBT tahun 2024 dan telah mendaftar ulang tidak diperkenankan mengikuti UTBK-T2 tahun 2024.

4. Seluruh calon mahasiswa wajib mengikuti ujian tulis berbasis komputer Tumou Tou (UTBK-T2).

5. Kelulusan calon mahasiswa dipertimbangkan berdasarkan;
a. Nilai UTBK-T2, atau
b. Nilai UTBK-T2 dan Portofolio pendukung
Adapun portofolio pendukung berupa (diunggah di https://refmaba.unsrat.ac.id/daftar) :
Surat rekomendasi dari pemerintah provinsi (Gubernur) dan/atau pemerintah Kabupaten/Kota (Bupati/Walikota) yang bekerjasama dengan Unsrat. Kriteria untuk mendapatkan rekomendasi diatur oleh pemerintah Provinsi dan/atau pemerintah Kabupaten/Kota.
Surat rekomendasi dari Rektor Universitas Samratulangi. Kriteria untuk mendapatkan rekomendasi diatur oleh pimpinan Universitas.
– Sertifikat atau Penghargaan prestasi akademik dan/atau non-akademik.
– Nilai UTBK-T2 SNBT tahun 2024 (jika ada)
– Nilai Ijazah SMA/SMK/MA/MAK sederajat.
c. Kuota daya tampung pada poin a untuk setiap program studi diterima paling sedikit 60,% (enam puluh persen) dari total kuota daya tampung program studi.
d. Kuota daya tampung pada poin b untuk setiap program studi, diterima paling banyak 40% (empat puluh persen) dari total kuota daya tampung program studi.

Baca juga:  Upaya Keras Disdik Purwakarta Untuk Sarpras Sekolah

6. Data tampung tiap program studi dapat dilihat pada lampiran. Jika ada perubahan daya tampung akan disampaikan kemudian.

7. Jika dinyatakan lulus seleksi, calon mahasiswa baru akan membayar uang kuliah tunggal (UKT). Besarnya UKT didasarkan pada faktor-faktor , antara lain: pendidikan orang tua/wali, pekerjaan orang tua/wali, penghasilan orang tua/wali, status anak, jumlah anak, kepemilikan rumah/jenis rumah, dan kartu KIP (jika ada). UKT ditentukan melalui aplikasi sesuai data yang dimasukkan oleh calon mahasiswa.

8. Persyaratan pendaftaran:

a. Lulusan SMA/SMK/MA/MAK sederajat lainnya tahun 2022, 2023, 2024 serta lulusan paket C tahun 2022, 2023 dan 2024 dengan maksimal usia 25 tahun yang dibuktikan dengan ijazah.
9. Tata Cara Pendaftaran.
a. Mengisi data awal secara online melalui laman https:/regmaba unsrat.ac.id/daftar dan memilih jalur masuk “Mandiri TumouTou” untuk mendapatkan nomor billing dan PIN
b. Membayar uang pendaftaran di Bank BNI dengan menggunakan nomor billing.
c. Selesai melakukan pembayaran di BNI, dilanjutkan untuk melengkapi biodata/portofolio melalui laman https:regmaba.unsrat.ac.id dengan login menggunakan Nomor Billing sebagai username dan PIN sebagai password.
d. Selesai melengkapi biodata/portofolio, dapat dilanjutkan dengan pencetakan kartu tanda peserta seleksi masuk.

10. Pilihan Program Studi
Peserta dapat memilih paling banyak tiga (3) program studi, dengan ketentuan;

a. Pilihan Program Studi ketiga hanya untuk program studi tertentu (daftar program studi dilihat pada aplikasi saat melakukan pendaftaran)
b. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan
c. Daftar fakultas dan program studi, terlampir.

Baca juga:  Unsrat Gelar Seminar Nasional Bertajuk Pengelolaan Berkelanjutan Wilayah Pesisir Teluk Manado

11. Materi ujian adalah:
a. Tes Skolastik: Kemampuan penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, kemampuan memahami bacaan dan menulis, dan pengetahuan kuantitatif.
b. Literasi: Literasi dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, penalaran matematika.

12. Jadwal seleksi;

a. Pendaftaran (https://regmaba.unsrat.ac.id/daftar) 26 Juni – 8 Juli 2024
b. Pencetakan kartu peserta, 26 Juni – 9 Juli 2024
c. UTBK secara offline/luring di Kampus Unsrat (sesuai jadwal pada kartu tanda peserta ujian), 10-13 Juli 2024.
d. Pengumuman hasil seleksi, 24-25 Juli 2024
e. Verifikasi berkas dan validasi oleh biro akademik, 27 Juli – 8 Agustus 2024
f. Pembayaran UKT di BTN, BRI dan BNI, 27 Juli – 9 Agustus 2024.

13 . Setelah pengumuman hasil seleksi mandiri T2, jika jumlah calon mahasiswa yang lulus seleksi pada program studi belum mencapai 50% (lima puluh persen) dari total daya tampung program studi tersebut, maka akan dilaksanakan seleksi mandiri T2 (Gelombang II) pada program studi tersebut.

14. Lain-lain:
a. Apabila data yang diisi oleh calon mahasiswa baru melalui laman https://regmaba.unsrat.ac.id tidak benar, maka akan dibatalkan kelulusannya
b. Juka ada pengumuman lain atau perubahan jadwal akan diberitahukan melalui web Unsrat pada laman https://www.unsrat.ac.id
c. Apabila ditemukan bukti permulaan atas pelanggaran peraturan dalam proses seleksi, calon mahasiswa atau masyarakat dapat melaporkan melalui kanal pelaporan whistleblowing system Inspektorat Jenderal Kemendikbud-Ristek atau kanal pelaporan Unsrat, paling lambat 1 Agustus 2024.

Adapun pengumuman ini di tanda tangani langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Grevo Gerung, mewakili Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie M.Eng., IPU ASEAN Eng. (T2)*

Dan berikut bagan/gambar daftar fakultas dan program studi serta kuota daya tampung.

Daftar Fakultas dan Program Studi, serta kuota daya tampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *