Pemdes Powalutan Salurkan BLT-DD Triwulan Pertama, Gratia Tambajong; Manfaatkan Sebaik-baiknya

Minsel202 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Berbagai program bantuan dari pemerintah terus digulirkan dan diberikan kepada warga masyarakat dalam rangka dan upaya untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Dengan bantuan yang diberikan tersebut, diharapkan akan dapat membantu warga masyarakat untuk lebih menggerakkan dan meningkatkan roda perekonomian masyarakat terutama masyarakat pedesaan.

Salah satu bentuk bantuan dari pemerintah yang diberikan kepada warga masyarakat adalah bantuan langsung tunai yang bersumber dari anggaran dana desa, atau sering disebut bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD).

Setiap desa penerima manfaat anggaran dana desa, ditahun anggaran 2023 ini wajib mengalokasikan anggaran untuk BLT-DD sebesar 10 hingga 25 persen dari pagu dana desa yang diterima.

Dan salah satu desa penerima manfaat anggaran dana desa adalah desa Powalutan, Kecamatan Ranoyapo, Kabupaten Minahasa Selatan, yang tentunya juga mengalokasikan anggaran untuk BLT-DD.

Merealisasikan program bantuan BLT-DD kepada masyarakat, maka pemerintah desa Powalutan, pada Rabu 17 Mei 2023 menyalurkan BLT-DD kepada warga masyarakat yang termasuk kedalam keluarga penerima manfaat BLT-DD.

Penjabat HukumTua Desa Powalutan, Gratia Maria Tambajong mengatakan bahwa jumlah KPM BLT-DD Powalutan ditahun anggaran 2023 ini berjumlah 24 KPM, sesuai dengan hasil musyawarah desa penetapan jumlah KPM BLT-DD.

Baca juga:  Tetty; Sayang CEP-MEP, Pilih PYR-FAM

“Hari ini kita menyalurkan BLT-DD kepada sejumlah 24 KPM, jumlah tersebut sesuai dengan hasil musyawarah desa tentang penetapan jumlah KPM BLT-DD,” kata Penjabat HukumTua Gratia Tambajong.

Camat Ranoyapo Jendri Umboh yang hadir, dan mengawasi sekaligus mengawasi proses penyaluran BLT-DD tersebut, dalam sambutannya mengatakan bahwa bantuan tersebut adalah bentuk dan wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakat yang layak dan berhak menerima bantuan dari pemerintah.

Sementara itu Kapolsek Ranoyapo Iptu Dedy Matahari di kegiatan tersebut mengatakan bahwa bantuan yang disalurkan haruslah tepat sasaran, dan benar-benar asas manfaatnya didapat oleh penerima.

Penyaluran BLT-DD Triwulan Pertama Tahun 2023 Kepada 24 KPM

Pada penyaluran BLT-DD Powalutan triwulan pertama tahun 2023, setiap KPM menerima uang tunai sebesar Rp. 900.000.

Ditahun 2023 ini, setiap KPM BLT-DD Powalutan akan menerima uang tunai sebesar Rp. 300.000 setiap bulan selama 12 bulan atau selama satu tahun anggaran, sehingga pada triwulan pertama setiap KPM menerima uang Rp. 900.000 yang disalurkan oleh pemerintah desa.

Baca juga:  Pemdes Kinamang Salurkan BLT-DD 5 Bulan Pertama Tahun 2024 Kepada 50 KPM

Kepada para keluarga penerima manfaat BLT-DD, penjabat HukumTua Gratia Maria Tambajong menyampaikan agar dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya, pergunakan sesuai dengan kebutuhan untuk membantu perekonomian keluarga.

Saya mengajak kepada warga KPM BLT-DD, untuk dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, pergunakan sesuai dengan kebutuhan untuk membantu dan meningkatkan perekonomian keluarga,” ujar Maria Tambajong.

Dijelaskannya pula, bahwa untuk anggaran dana desa Powalutan tahun 2023, selain dialokasikan untuk BLT-DD, juga dialokasikan untuk kegiatan lainnya, seperti program ketahanan pangan desa yang alokasi anggarannya sebesar 20 persen dari pagu dana desa.

Ada pula kegiatan pembangunan infrastruktur desa, kegiatan pemberdayaan masyarakat, serta kegiatan lainnya sesuai dengan apa yang tertuang dalam APBDes Powalutan tahun 2023.

“Kepada seluruh elemen masyarakat, saya mengajak untuk marilah kita bersama-sama, bekerja sama, saling mendukung dan mensupport mensukseskan berbagai program kegiatan pembangunan desa, yang pada intinya akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat Powalutan,” tutup penjabat HukumTua Gratia Tambajong.
(Hengly)*

Yuk! baca artikel menarik lainnya dari TRANSPARANSI INDONESIA di GOOGLE NEWS