Puskesmas Poopo Dan Forkopimca Ranoyapo Launching Program Germas Sarani

Minsel371 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Ranoyapo bekerja sama dengan Puskesmas Poopo, melaunching program Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dengan nama Germas ‘Sarani’.

Germas Sarani (Satu Ranoyapo Indah), adalah sebuah nama yang dicetuskan oleh Camat Ranoyapo bersama Forkopimca dan lintas sektor Kecamatan Ranoyapo, dalam rangka dan upaya untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan pola hidup sehat dilingkungan masyarakat.

Kegiatan launching Germas Sarani Kecamatan Ranoyapo diawali dengan kegiatan jalan sehat bersama yang diikuti oleh seluruh jajaran pemerintah desa se-Kecamatan Ranoyapo, lintas sektor, sekolah-sekolah baik SD maupun SMP, sembari melakukan bersih-bersih sampah disepanjang jalan yang dilalui oleh peserta jalan sehat.

Usai jalan sehat yang finis di Mako Polsek Ranoyapo, dilanjutkan dengan senam sehat, dan juga konsumsi makanan sehat dan bergizi, serta pelayanan pemeriksaan kesehatan dari tenaga kesehatan Puskesmas Poopo.

Baca juga:  20 KPM Karowa Terima BLT-DD Lima Bulan Pertama Ditahun 2024

Camat Ranoyapo Jendri Umboh SPd, mengatakan bahwa program gerakan masyarakat hidup sehat, untuk Kecamatan Ranoyapo diberi nama ‘Germas Sarani’ untuk lebih mengenalkan program Germas kepada warga masyarakat.

Dengan harapan, antusias dan respon masyarakat dengan adanya program Germas akan lebih meningkat dan ditindaklanjuti dalam kehidupan sehari-hari.

“Program Germas Sarani, adalah upaya pemerintah untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari setiap pribadi masyarakat, maupun dilingkungan keluarga dan masyarakat,” kata Camat Jendri Umboh SPd.

Dijelaskan Camat Jendri Umboh bahwa kegiatan Germas, adalah prakarsa dari Puskesmas Poopo bekerja sama dengan Forkopimca Ranoyapo, dan nantinya akan dilaksanakan secara rutin.

Baca juga:  Puskesmas Poopo Gelar Lokmin Tribulanan Kedua Tahun 2024

Sementara itu, Kepala Puskesmas Poopo dr. Fanda Wuisan mengatakan bahwa giat Germas memang menjadi salah satu fokus program kegiatan dari Dinas Kesehatan, dalam rangka bagaimana lebih meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan dan menjalankan pola hidup sehat.

Upaya pencegahan dan penurunan angka stunting juga menjadi salah satu bagian dari kegiatan program Germas.

“Kerjasama dari Puskesmas Poopo bersama dengan unsur Forkopimca dan lintas sektor termasuk para HukumTua se-Kecamatan Ranoyapo dan jajaran pemerintah desa, kegiatan launching Germas Sarani ini akan ditindaklanjuti dengan kegiatan rutin Germas, dalam upaya kita bersama melaksanakan pola hidup sehat, dan juga melakukan pencegahan-penecgahan terhadap potensi penyakit,” ujar dr. Fanda Wuisan.
(Hengly)*