Padat Karya Tunai, Diterapkan Dalam Kegiatan Pengerjaan Dandes 2020 Lowian Satu

Minsel132 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Pengerjaan Pembangunan di Desa Lowian Satu, melalui anggaran Dana Desa tahun 2020 (APBN) sudah mulai dilaksanakan, dimana melalui APBDes Lowian Satu, melaksanakan dua item kegiatan untuk pembangunan Dandes Tahap Satu Desa Lowian Satu.

Diawali dengan Ibadah peletakan batu pertama pengerjaan pembangunan Drainase dan Talud, yang dilaksanakan pada Senin 27 April 2020.

Ibadah peletakan batu pertama dipimpin oleh Pdt.Menix Maoe selaku Gembala Jemaat Bethel Lowian Satu, dan dihadiri oleh Camat Maesaan Meyti Pangau SPd, HukumTua Lowian Satu Yuliastin Lamusa SKM, Bhabinkamtibas Polsek Tompasobaru untuk Lowian Satu Bripka Andriyanto Paputungan mewakili Kapolsek Iptu Jefry Mailensun, Danramil Tompasobaru, Pendamping Desa, BPD dan warga yang akan melaksanakan pengerjaan.


Pejabat HukumTua Desa Lowian Satu Yuliastin Lamusa mengatakan bahwa kegiatan pembangunan pengerjaan Drainase dan Talud tersebut telah sesuai dengan APBDes Lowian Satu tahun anggaran 2020, dan telah melalui proses Musyawarah baik dari tingkat Jaga hingga ditetapkan dalam RKPDes Lowian Satu.

Baca juga:  Militan SDNL Siap Menangkan SK-DT Dan FDW-TK

“Kita Terapkan Padat Karya Tunai (PKT) dalam kegiatan ini, dimana warga masyarakat dilibatkan langsung dalam proses pengerjaan agar supaya warga mendapatkan penghasilan ditengah pandemi Covid-19 saat ini, yang sangat berpengaruh pada tingkat ekonomi warga,” ujar Yuliastin Lamusa.

Adapun kegiatan pengerjaan dana desa tahap satu di Desa Lowian Satu yakni Pembangunan Pengerjaan Drainase dengan volume panjang 240 meter dan Satu Unit Gorong-gorong dengan volume 3,5 meter, dan semuanya menelan anggaran sebesar Rp.113.458.900 sudah termasuk PPn dan PPh.

Dalam upaya memerangi penyebaran virus corona, HukumTua Yuliastin Lamusa juga memberikan himbauan kepada para warga masyarakat yang melaksanakan pengerjaan untuk tetap menerapkan Social Distancing dan Physichal Distancing, wajib memakai masker dan selalu jaga kesehatan.

Sementara itu Camat Maesaan Meyti Pangau SPd, dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi akan langkah yang diambil oleh Pemerintah Desa Lowian Satu, dimana selalu tanggap dan cerdas, sehingga pelaksanaan pengerjaan pembangunan melalui anggaran Dandes 2020 sudah mulai dilaksanakan, yang tentunya berdampak pada warga masyarakat sehingga memiliki pengerjaan untuk penambahan penghasilan warga guna keberlanjutan kehidupan masyarakat ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

Baca juga:  Masuk Tahapan Kampanye, Ketua Bawaslu Minsel Ingatkan UU Nomor 10/2016

Camat Meity Pangau pun meminta agar seluruh jajaran pemerintah desa serta lembaga-lembaga desa dan warga masyarakat untuk bersama menopang pembangunan didesa, yang kesemuanya untuk kepentingan dan kesejahteraan warga masyarakat. “Kepada para perangkat desa, staf desa, jajaran lembaga desa dan seluruh warga masyarakat untuk bersama-sama menopang program pembangunan didesa, karena semua ini untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Meyti Pangau.

Usai kegiatan Ibadah peletakan batu pertama, Pejabat HukumTua Desa Lowian Satu Yuliastin Lamusa mengucapkan banyak terima kasih atas keterlibatan semua pihak dalam ibadah peletakan batu pertama pembangunan Drainase dan Gorong-gorong tersebut.

(Hengly)*

Yuk! baca artikel menarik lainnya dari TRANSPARANSI INDONESIA di GOOGLE NEWS