Respon cepat Kapolres Pelalawan Serahkan Bantuan Sembako Kepada Warga Terdampak Kenaikan Air Sungai Nilo Ukui

Pelalawan, RIAU8 Dilihat

 

PELALAWAN, Transparansiindonesia.co.id Kapolres Pelalawan AKBP Afrizal Asri SIK tinjau kenaikan debit air sungai Nilo dan berikan bantuan sembako kepada warga terdampak banjir. Rabu(16/10/2024) di Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui, debit air sungai nilo meluap akibat curah hujan yang tinggi belakangan ini di Kabupaten Pelalawan.

Kapolsek Ukui AKP Rudi Hardiyono menyampaikan akibat curah hujan yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Pelalawan. Sehingga mengakibatkan debit air Sungai Nilo di Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui, mengalami peningkatan drastis.

Kondisi ini membuat masyarakat setempat khawatir akan ancaman banjir besar yang bisa saja melanda kapanpun. Namun, di tengah situasi penuh ketidakpastian ini, Kapolres Pelalawan, AKBP Afrizal Asri, S.IK, tampil di garis depan.Ini guna memastikan bahwa masyarakat tidak hanya terhindar dari bencana alam, tetapi juga dapat menjalani tahapan Pilkada dengan aman.

Kapolres Pelalawan AKBP Afrizal Asri, S.IK yang hadir bersama jajaran pejabat utama Polres Pelalawan, diantaranya Kasat Reskrim Polres Pelalawan AKP Kristofel S.Tr.K.S.IK, Kasat Intelkam AKP Zulhendra, SH.MM, Kasi Humas AKP Edi Harianto, SH, Kapolsek Ukui AKP Rudi Hardiyono, SH, dan Kanit Intelkam Polsek Ukui AIPDA Dippu Sihombing, langsung turun ke lokasi terdampak untuk meninjau kondisi terkini.

Kehadiran Kapolres beserta jajaran didampingi juga oleh perangkat desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta warga setempat. Kapolres langsung melakukan pengecekan di titik-titik strategis di sepanjang Sungai Nilo yang debit airnya mencapai 75-80 cm. Sehingga mengakibatkan arus yang cukup deras dan memutus akses jalan menuju beberapa lokasi.

Baca juga:  Pencanangan PIN Polio Tahun 2024 di Desa Sipungguk Berjalan Lancar dan Sukses

“Kami mendapati debit air yang cukup tinggi, Meskipun belum ada rumah warga yang terdampak, kami harus tetap waspada, karna Sungai ini bisa kapan saja meluap lebih tinggi, dan kita harus siap menghadapi segala kemungkinan,” ungkap Kapolres AKBP Afrizal Asri.

Hal senada juga di sampaikan bahwa
Pilkada harus tetap berjalan, begitu juga dengan tugas Polri dalam melakukan Cooling system, demi mewujudkan Pilkada yang aman, nyaman dan dapat terlaksana dengan baik. Namun, tugas Kapolres Pelalawan tidak berhenti pada pemantauan debit air. Di tengah situasi yang sudah tidak nyaman lagi akibat ancaman banjir.Pilkada 2024 juga menambah tantangan bagi aparat keamanan. Dalam masa kampanye yang sedang berlangsung, Polres Pelalawan juga melaksanakan cooling system secara intensif. Langkah ini dilakukan untuk memastikan masyarakat dapat melaksanakan hak pilihnya dengan aman, tanpa adanya gangguan keamanan yang dapat memperkeruh suasana.

“Tidak hanya ancaman alam yang kita hadapi, tapi kita juga harus memastikan bahwa situasi politik di tengah Pilkada tetap aman dan kondusif. Cooling system kita jalankan bersamaan dengan langkah mitigasi bencana. Keduanya adalah prioritas kami,” tegas Kapolres AKBP Afrizal Asri.

Baca juga:  Kapolres Pelalawan AKBP Afrizal Asri SIK Gelar Acara Silaturahmi Bersama Awak Media Kabupaten Pelalawan Dalam Ciptakan Cooling System Pilkada Tahun 2024

Personil harus tetap melakukan Patroli rutin, siapkan posko siaga bencana, dan berbagai langkah antisipasi lainnya diambil untuk menjaga stabilitas keamanan. Baik itu terkait potensi banjir maupun menjaga agar Pilkada berjalan dengan lancar dan damai.

“Kami siap memberikan rasa aman kepada masyarakat, baik dari ancaman bencana alam maupun potensi gangguan keamanan terkait Pilkada,” lanjutnya.

Disela melakukan peninjauan dan cooling system Pilkada, Kapolres juga memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang terdampak banjir luapan. Dukungan Moril ini di berikan agar masyarakat
tetap tenang. Selain itu Polres Pelalawan juga berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk memastikan kesiapan logistik dan tempat evakuasi.

“Kami tidak akan tinggal diam. Polri, TNI, dan masyarakat harus bahu-membahu menghadapi potensi bencana ini. Kami juga terus memperkuat cooling system agar masyarakat tetap merasa aman di tengah situasi yang sulit ini,” ungkap Kapolres

Ditambahkannya
“Dengan semangat kebersamaan dan kesiapan penuh, Polres Pelalawan berkomitmen untuk melindungi masyarakat dari ancaman bencana dan menjaga kedamaian Pilkada 2024. Alam mungkin tak dapat diprediksi, tetapi keamanan dan ketenangan masyarakat adalah tanggung jawab yang tidak bisa diabaikan”, Tegas Kapolres Pelalawan AKBP Afrizal Asri.SIK.(ROMI)

Yuk! baca artikel menarik lainnya dari TRANSPARANSI INDONESIA di GOOGLE NEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *