20 KPM Karowa Terima BLT-DD Lima Bulan Pertama Ditahun 2024

Minsel445 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Manfaat anggaran dana desa salah satu tujuannya adalah untuk peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Melalui anggaran dana desa, diharapkan masyarakat dapat merasakan peningkatan perekonomian melalui berbagai program kerja yang direncanakan dan dilaksanakan oleh pemerintah desa.

Salah satu program kerja pemerintah desa yang anggarannya dialokasikan dari dana desa adalah pemberian bantuan tunai kepada masyarakat yang tentunya ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat.

Desa Karowa, Kecamatan Tompasobaru, Kabupaten Minahasa Selatan, yang dipimpin oleh Penjabat HukumTua Noldi Lomban SE merupakan salah satu desa penerima manfaat anggaran dana desa ditahun 2024.

Sebagai desa penerima manfaat anggaran dana desa, tentunya pula desa Karowa melalui anggaran dana desa telah mengalokasikan anggaran untuk penyaluran bantuan langsung tunai dana desa.

Dikatakan penjabat HukumTua Noldi Lomban SE, bahwa ditahun 2024 ini untuk jumlah keluarga penerima manfaat bantuan langsung tunai dana desa di desa Karowa berjumlah 20 KPM.

Baca juga:  Isi Kekosongan Jabatan, Lolong Lantik Kepala Seksi Kesejahteraan

Dimana 20 KPM tersebut, adalah merupakan hasil dari musyawarah desa antara pemerintah desa dan lembaga desa yang selanjutnya dituangkan dalam perkades tentang jumlah penerima manfaat anggaran dana desa.

“Jumlah penerima manfaat BLT-DD di desa Karowa berjumlah 20 KPM, jumlah tersebut sesuai dengan hasil musyawarah desa bersama dengan lembaga desa,” kata Noldi Lomban SE.

Dan merealisasikan program kerja untuk BLT-DD, maka pemerintah desa Karowa melaksanakan penyaluran bantuan langsung tunai kepada para masyarakat yang telah ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat BLT-DD Karowa tahun 2024.

Penyaluran BLT-DD oleh Pemdes Karowa kepada para KPM dilaksanakan pada Senin 3 Juni 2024 bertempat di kantor HukumTua desa Karowa dan dihadiri oleh Camat Tompasobaru Drs. Jemmy Loa, Kapolsek Tompasobaru Iptu Ronald Wauran, perwakilan Koramil Tompasobaru, serta tim pendamping desa Kecamatan Tompasobaru.

Pada penyaluran tersebut, sebagaimana disampaikan oleh Noldi Lomban bahwa yang disalurkan adalah BLT-DD untuk lima bulan pertama ditahun anggaran 2024 yakni dari bulan Januari hingga bulan Mei.

Baca juga:  Pemdes Tumani Utara Kerjakan Infrastruktur Desa Melalui Anggaran Dandes

Untuk diketahui, bahwa setiap KPM BLT-DD akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 300.000 setiap bulannya selama 12 bulan atau selama satu tahun anggaran.

Sehingga dalam penyaluran yang dilaksanakan tersebut, setiap KPM menerima uang tunai sebanyak Rp. 1.500.000 yang merupakan kalkulasi dari Rp. 300.000 dikalikan lima bulan (Januari, Februari, Maret, April, Mei).

“Bantuan yang diberikan ini adalah salah satu bentuk nyata kepedulian pemerintah terhadap masyarakat yang sangat membutuhkan, maka dari itu diharapkan agar dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, pergunakan sesuai dengan kebutuhan,” ujar Noldi Lomban.

Selain dialokasikan untuk BLT-DD, anggaran dana desa Karowa juga dialokasikan untuk membiayai beberapa kegiatan seperti pembangunan infrastruktur desa, kegiatan ketahanan pangan desa, kegiatan posyandu dan PKK, pelatihan dan pemberdayaan masyarakat, serta kegiatan lainnya sesuai dengan apa yang tertuang dalam APBDes. (Hengly)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *