Pemdes Tumani Selatan Salurkan BLT-DD Dan Launching Program Ketahanan Pangan Desa

Minsel626 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Pemerintah desa Tumani Selatan, Kecamatan Maesaan, Kabupaten Minahasa Selatan melalui program kerja mulai dan sementara melaksanakan kegiatan desa.

Melalui anggaran dana desa tahun 2024, berbagai kegiatan akan dilaksanakan oleh pemerintah desa, termasuk program ketahanan pangan desa, dan juga penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD).

BLT-DD, adalah penyaluran uang tunai yang diperuntukkan bagi masyarakat yang telah ditetapkan dalam KPM sesuai dengan hasil musyawarah desa pemerintah desa bersama lembaga desa.

Setiap desa penerima manfaat anggaran dana desa ditahun 2024, wajib mengalokasikan anggaran untuk penyaluran BLT-DD yang besarannya maksimal 25 persen dari pagu dana desa yang diterima oleh masing-masing desa.

Dan merealisasikan program kerja pemerintah desa Tumani Selatan, maka pihak pemerintah desa yang dipimpin oleh Penjabat HukumTua Meike Lombogia melaksanakan penyaluran BLT-DD kepada para keluarga penerima manfaat.

Dikatakan Meike Lombogia bahwa ditahun 2024 ini, jumlah keluarga penerima manfaat BLT-DD, berjumlah sebanyak 27 keluarga penerima manfaat.

Baca juga:  Kader Gerindra Dorong FAM Maju Pilkada Minsel

“Melalui musyawarah desa bersama lembaga desa, untuk jumlah keluarga penerima manfaat BLT-DD Tumani Selatan tahun 2024 berjumlah 27 KPM,” kata Meike Lombogia.

Dan pada penyaluran yang dilaksanakan pada Rabu 29 Mei 2024 bertempat di kantor HukumTua, setiap KPM menerima uang tunai sebesar Rp.1.200.000.

Dimana uang dengan jumlah Rp. 1.200.000 tersebut merupakan BLT untuk empat bulan pertama ditahun 2024 (Januari, Februari, Maret dan April) karena setiap bulan para masing-masing KPM akan menerima uang tunai sebesar Rp.300.000.

Kepada para KPM BLT-DD, Meike Lombogia mengingatkan agar dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya, dengan mempergunakan sesuai dengan kebutuhan untuk kebutuhan keluarga.

“Manfaat dengan sebaik-baiknya, pergunakan sesuai dengan kebutuhan, bantuan tersebut merupakan bukti nyata pemerintah kepada masyarakat terutama yang masuk dalam KPM BLT-DD,” kata Penjabat HukumTua Meike Lombogia.

Penyaluran benih jagung dan pupuk dalam program ketahanan pangan desa

Setelah penyaluran BLT-DD, pemerintah desa Tumani Selatan langsung lanjut dengan pembagian atau penyaluran benih atau bibit jagung dan pupuk kepada masyarakat.

Baca juga:  Final Pilretel Wilayah Tompasobaru Satu Tahun 2024, Novita; Ayo Dukung Retel Favoritmu..

Penyaluran benih jagung dan pupuk dari pemerintah desa, merupakan bagian dari program ketahanan pangan desa.

Sehingga, melalui penyaluran benih dan pupuk tersebut kepada masyarakat akan dapat menjaga ketahanan pangan desa Tumani Selatan.

Dalam program ketahanan pangan, pemerintah desa Tumani Selatan juga telah mengalokasikan program peningkatan akses jalan produksi pertanian.

Hal tersebut untuk mendukung ketahanan pangan sehingga masyarakat akan lebih mudah dalam aktivitas mengelola dan merawat hingga mendapatkan hasil pertanian melalui program ketahanan pangan desa.

Anggaran dana desa Tumani Selatan juga akan membiayai kegiatan pembangunan lainnya seperti pembangunan infrastruktur desa, kegiatan posyandu dan PKK, pelatihan dan pemberdayaan, serta kegiatan lainnya sesuai dengan apa yang tertuang dalam APBDes Tumani Selatan tahun 2024.

Rangkaian dua kegiatan tersebut dihadiri pula Camat Maesaan Jelly Nelwan SPt, Kapolsek Tompasobaru Iptu Ronald Wauran, Perwakilan Koramil, pendamping desa Kecamatan Maesaan Risky Sembang bersama PLD Widy Iroth serta bhabinkamtibmas Tumani Selatan. (Hengly)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *