Manfaatkan Dandes 2024, Pemdes Tambelang Kerjakan Pembangunan Infrastruktur Desa

Minsel591 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Program kerja bidang pembangunan desa mulai dilaksanakan oleh pemerintah desa Tambelang, Kecamatan Maesaan, Kabupaten Minahasa Selatan.

Dimana melalui anggaran dana desa tahun 2024, oleh pemerintah desa Tambelang langsung action melaksanakan pengerjaan pembangunan infrastruktur desa.

Anggaran dana desa, sejak dikucurkan oleh pemerintah pusat telah memberikan banyak manfaat bagi pembangunan desa dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Bidang pembangunan desa sesuai dengan yang tertuang dalam APBDes Tambelang tahun 2024 adalah pengerjaan irigasi.

Setelah melalui musyawarah desa bersama lembaga desa, maka pelaksanaan pengerjaan irigasi tersebut sudah sangat penting, juga dalam rangka perluasan pemukiman penduduk, serta pula kelancaran saluran air yang merupakan bagian dari pencegahan terjadinya banjir.

Penjabat HukumTua desa Tambelang, Feki Mumu SPd mengatakan bahwa setelah proses laporan dan pertanggungjawaban telah rampung, sehingga anggaran dana desa Tambelang berhasil terealisasi dan masuk ke rekening desa untuk membiayai berbagai kegiatan salah satunya adalah bidang pembangunan infrastruktur desa.

Baca juga:  Melalui Dandes, Pemdes Temboan Kerjakan Pembangunan Infrastruktur Desa

“Untuk pelaksanaan pengerjaan irigasi desa dibiayai melalui anggaran dana desa Tambelang tahun 2024 dan hal tersebut telah melalui proses dan mekanisme yakni musyawarah desa,” ujar Feki Mumu.

Adapun pelaksanaan kegiatan pengerjaan pembangunan irigasi ada tiga jenis kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan ukuran atau volume kegiatan.

Kegiatan pengerjaan yang akan dilaksanakan adalah pembangunan irigasi yakni Irigasi tipe 1 dengan volume panjang 50 meter, irigasi tipe 2 dengan volume 35 meter, dan irigasi/talang beton dengan volume 10 meter.

Adapun lokasi pengerjaan pembangunan irigasi berlokasi di Jaga XII (duabelas) desa Tambelang.

Pembangunan irigasi desa Tambelang tersebut, menggunakan anggaran dana desa dengan biaya sebesar Rp. 114.184.100 sudah termasuk pajak.

Baca juga:  Tetty; Sayang CEP-MEP, Pilih PYR-FAM

“Untuk pelaksanaan pengerjaan pembangunan irigasi dan talang beton tersebut menelan anggaran dana desa Tambelang sebesar Rp. 114.184.100,” jelas Penjabat HukumTua Feki Mumu.

Proses pelaksanaan pengerjaan, dilaksanakan dengan sistem padat karya tunai dimana masyarakat dilibatkan dalam pengerjaan sehingga memberikan dampak pemberdayaan masyarakat yang menopang perekonomian masyarakat pedesaan.

Feki Mumu mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk kiranya dapat mendukung dan mensupport program-program pembangunan desa, yang dimaksudkan untuk peningkatan kualitas perekonomian masyarakat dan juga berdampak pada kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Selain bidang pembangunan infrastruktur desa, anggaran dandes Tambelang juga akan membiayai berbagai kegiatan seperti penyaluran BLT-DD, kegiatan posyandu, pengelolaan ketahanan pangan desa, kegiatan PKK dan pelatihan serta kegiatan lainnya sesuai dengan APBDes. (Hengly)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *