Manado, transparansiindonesia.co.id – Terobosan brilian dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Manado dibawah kepemimpinan Plt Kepala Dinas Erwin Kontu SH.
Terobosan dari Erwin Kontu SH yakni dengan melaksanakan ‘jemput bola’ mendatangi warga masyarakat yang sangat membutuhkan dokumen-dokumen terkait dengan kependudukan seperti perekaman e-KTP dan pembuatan kartu keluarga.
Prioritas dari program jemput bola Disdukcapil Kota Manado adalah bagi para masyarakat lanjut usia (Lansia) dan juga masyarakat penyandang disabilitas (difabel).
Jemput bola Disdukcapil Kota Manado, dilakukan dalam rangka mengupayakan setiap warga Manado memiliki surat-surat keluarga yang valid dan lengkap seperti kartu keluarga, e-KTP, dan berbagai macam akte-akte, serta dokumen atau administrasi kependudukan lainnya yang dikeluarkan oleh Disdukcapil.
“Ini adalah upaya kami melengkapi setiap masyarakat dengan administrasi kependudukan yang valid dan lengkap, prioritas pelayanan ini adalah bagi para lansia dan difabel, serta untuk pelayanan tidak berlangsung lama prosesnya, seperti perekaman e-KTP langsung diserahkan ke masyarakat,” ujarnya.
Dijelaskan Erwin Kontu pula bahwa masyarakat harus memiliki dokumen-dokumen dalam keluarga seperti e-KTP dan kartu keluarga agar nantinya boleh mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah kota Manado.
Selain kegiatan jemput bola, Disdukcapil juga menyediakan loket prioritas untuk layanan tatap muka di kantor serta melayani sistim online lewat ManadoHub.
Ditambah Erwin Kontu SH yang juga merupakan Kadis Kominfo Kota Manado bahwa ada kurang lebih 60.802 lansia dan 1.081. difabel di Kota Manado.
Maka diharapkannya apabila ada masyarakat Kota Manado khususnya lansia dan difabel yang ingin dan membutuhkan layanan jemput bola, agar dapat menghubungi lurah setempat, ketua lingkungan, atau bisa juga menghubungi call centre 112.
“Layanan jemput bola ini adalah sebagai wujud nyata kerja pemerintah kota Manado dibawah kepemimpinan Walikota Pak Andrei Angouw dan Wakil Walikota Pak Richard Sualang dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat Kota Manado,” tambah Erwin Kontu.
(T2)*