Puskesmas Poopo Gelar Lokmin Tribulanan, Fanda Wuisan Sampaikan Hal Ini

Minsel228 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Poopo menggelar agenda kegiatan Lokakarya Mini Tribulanan, yang dilaksanakan pada Kamis 10 November 2022 bertempat di Puskesmas Poopo.

Kegiatan tersebut dibuka oleh kepala seksi Pelayanan Umum Kantor Kecamatan Ranoyapo Mien Kolopita mewakili Camat Jendri Umboh yang mengikuti kegiatan upacara peringatan hari pahlawan di Amurang.

Kegiatan diawali dengan pemaparan dan laporan dari kepala puskesmas Poopo dr. Fanda Wuisan yang menyampaikan mengenai maksud dan tujuan kegiatan serta permasalahan yang dihadapi dan isu-isu dibidang kesehatan yang terjadi diwilayah Kecamatan Ranoyapo.

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin Puskesmas Poopo yang diselenggarakan setiap tiga bulan sekali, dan dihadiri oleh stakeholder dan instansi seperti Forkopimca, lintas sektor dan jajaran pemerintah desa yang ada diwilayah Kecamatan Ranoyapo,” kata dr. Fanda Wuisan.

Dalam kegiatan Lokmin Tribulanan Puskesmas Poopo, berbagai hal terkait kesehatan diangkat dan dibahas terlebih permasalahan dan kasus yang terjadi diwilayah Kecamatan Ranoyapo.

Melalui kegiatan Lokmin Tribulanan tersebut, diharapkan segala permasalahan yang dihadapi dibidang kesehatan selama tiga bulan berjalan, akan dapat ditangani dan dicari solusinya bersama dengan pemerintah desa yang ada serta lintas sektor terkait, terlebih hal-hal yang emergency mendapatkan perhatian lebih.

Baca juga:  Puskesmas Poopo Gelar Pelatihan PMT Berbasis Pangan Lokal

Selanjutnya sambutan dan pemaparan dari Kepala Dinas Kesehatan Minsel dr. Erwin Schouten yang diwakili oleh Sekretaris Dinas dr. Wiwin Opod yang memaparkan mengenai berbagai program pemerintah kabupaten Minahasa Selatan dibidang kesehatan yang diharapkannya menyentuh langsung ke masyarakat.

Usai pemaparan dari sekretaris dinas, dilanjutkan dengan pemaparan materi dari masing-masing bidang di Dinkes, yakni oleh Kabid P2P dr. Tonny Rawis, Kabid Yankes Stiven Umboh Amd.KL, dan perwakilan dari bidang Kesmas Telly Pattyranie.

Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan pemaparan dan sambutan dari Camat Ranoyapo Jendri Umboh SPd, yang baru tiba dari kegiatan upacara peringatan hari pahlawan di Amurang.

Dalam sambutannya Camat Jendri Umboh menyampaikan sangat mengapresiasi akan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Minsel tersebut diwilayah Kecamatan Ranoyapo yang menghadirkan para HukumTua maupun perwakilan.

Kegiatan tersebut menurutnya sangatlah penting, guna menyampaikan beberapa hal terkait masalah kesehatan yang ada disetiap desa, dan solusi serta penanganannya yang akan dilakukan oleh Dinkes Minsel bersama instansi terkait.

Baca juga:  Cek Ranmor Dinas, Kapolres Minsel; Jaga Dan Rawat Untuk Optimalisasi Pelayanan

Selanjutnya dalam giat Lokmin Tribulanan tersebut, digelar diskusi dan sesi tanya jawab terkait penanganan masalah kesehatan maupun kasus kesehatan yang terjadi diwilayah kecamatan Ranoyapo.

Berbagai hal atau kasus yang muncul dalam Lokmin Tribulanan tersebut diantaranya mengenai percepatan penanganan stunting, penyakit kusta, rabies, malaria, serta penyakit lainnya yang akhir-akhir ini menonjol di kecamatan Ranoyapo.

Usai rangkaian kegiatan Lokmin Tribulanan ditutup oleh Kepala Puskesmas Poopo dr. Fanda Wuisan dengan kesimpulan bahwa guna menangani dan mengatasi permasalahan kesehatan yang terjadi diwilayah Kecamatan Ranoyapo, perlunya peran aktif dari semua lintas sektor, termasuk didalamnya pemerintah desa, dan warga masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan, dan selalu berkoordinasi dengan petugas kesehatan yang ada didesa.

Acara Lokmin tersebut dihadiri oleh Camat Ranoyapo Jendri Umboh SPd, Danramil 1302-17 Motoling Kapt.Inf Wemfryd Halebar, Kapolsek Ranoyapo Iptu Dedy Matahari SH yang diwakili oleh Bhabinkamtibmas Aipda David Sumangkut, para HukumTua dan penjabat HukumTua, Ketua TP-PKK Desa, serta perwakilan dari desa yang diwilayah Kecamatan Ranoyapo.
(Hengly)*