Puskesmas Maesaan Raih Dua Penghargaan Dalam Peringatan HKN Ke-57 di Kabupaten Minsel

Maesaan, Minsel223 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Acara puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Kabupaten Minahasa Selatan, dilaksanakan di Aula Waleta Kantor Pemkab Minsel pada Jumat, 17 Desember 2021, dan dihadiri langsung oleh Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar SH dan Kepala Dinas Kesehatan dr.Erwin Schouten.

Kegiatan acara puncak peringatan HKN Ke-57 tersebut juga dirangkaikan dengan ibadah perayaan menyambut Natal Yesus Kristus yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Minsel.

Rangkaian kegiatan acara puncak peringatan HKN Ke-57, juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada instansi dan pegawai serta tenaga kesehatan di Kabupaten Minahasa Selatan yang dinilai menjadi terbaik dalam melaksanakan tugasnya.

Salah satu yang menerima penghargaan dalam acara tersebut, adalah Puskesmas Maesaan, yang menjadi Puskesmas terbaik di Kabupaten Minahasa Selatan ditahun 2021 ini.

Puskesmas yang dipimpin oleh Kepala Puskesmas dr. Silvana Feronita Pakasi, menjadi yang terbaik di Kabupaten Minahasa Selatan dari 16 Puskesmas lainnya.

dr. Silvana Feronita Pakasi mengungkapkan merasa bangga dan bersyukur atas prestasi yang ditorehkan oleh Puskesmas Maesaan menjadi Puskesmas terbaik di Kabupaten Minahasa Selatan ditahun 2021 ini, serta dengan harapan prestasi yang diraih tersebut menjadi pelecut semangat para pegawai untuk lebih optimal lagi dalam melaksanakan tugas kepelayanan kepada masyarakat.

Ia pun mengatakan, bahwa prestasi yang diraih tersebut juga tak lepas dari dukungan dan support dari semua pihak, kerja sama tim Puskesmas Maesaan, unsur Forkopimca dan lintas sektor kecamatan serta dukungan dari seluruh elemen masyarakat Kecamatan Maesaan.

Baca juga:  55 Siswa SMPN 1 Maesaan Ikuti UAS

Feronita Pakasi juga mengatakan bahwa terkait upaya pelaksanaan percepatan vaksinasi, ia mengajak kepada seluruh warga masyarakat sasaran vaksin untuk melakukan vaksinasi dosis lengkap (Dosis 1 dan Dosis 2) dalam upaya untuk mencapai target capaian vaksinasi di Minahasa Selatan yakni 80 persen untuk Dosis 1 dan 60 persen untuk Dosis 2.

Karena dengan melakukan vaksinasi hingga dosis ke-dua, akan membentuk dan meningkatkan imunitas tubuh atau herd Immunity, sebagai bagian dari mencegah masuknya berbagai virus ke tubuh manusia termasuk virus Covid-19.

Prestasi yang ditorehkan oleh Puskesmas Maesaan, bukan saja menjadi Puskesmas terbaik, dimana salah satu personil atau pegawai yang bertugas di Puskesmas Maesaan berhasil juga meraih penghargaan dalam kegiatan acara puncak peringatan HKN Ke-57 di Kabupaten Minahasa Selatan.

Adalah Quiteria Manopo SKM, yang berhasil menjadi yang terbaik untuk kategori pengelolaan program Promkes tahun 2021.

Kepada awak media transparansi Indonesia.co.id, ia mengatakan sangat bersyukur, bangga atas apa yang diraihnya tersebut, karena sebelumnya ia tak menduga akan menerima penghargaan sebagai pengelola program Promkes terbaik di Kabupaten Minahasa Selatan untuk tahun 2021.

Ia pun mengatakan bahwa, prestasi yang diraih tersebut tak lepas juga dari kerja sama semua pihak, Kepa Puskesmas Maesaan dan para pegawai Puskesmas Maesaan, yang terus solid, dukungan dari unsur lintas sektor kecamatan Maesaan, dan juga peran aktif dari warga masyarakat serta para kader kesehatan yang ada disetiap desa.

Baca juga:  Menyambut Hari Bhayangkara, Polsek Tompasobaru Gelar Baksos

“Pertama bersyukur kepada Tuhan, sang pemberi hikmat dan pemilik kehidupan, prestasi yang diraih ini, menjadi pelengkap kebahagiaan setelah pula Puskesmas Maesaan meraih predikat Puskesmas terbaik di Minahasa Selatan ditahun 2021, terimakasih kepala puskesmas dokter Feronita Pakasi bersama teman-teman pegawai, pihak unsur Forkopimca Maesaan, serta semua stakeholder yang terus dan berperan aktif dalam mempromosikan tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan melakukan pola hidup sehat dan bersih,” kata wanita yang akrab disapa Gita tersebut.

Atas raihan dua prestasi yang didapat oleh Puskesmas Maesaan tersebut, tentunya ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Kecamatan Maesaan, dimana ditengah pandemi saat ini para pegawai dan tenaga kesehatan terus semangat dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat, mempromosikan serta memberikan edukasi kepada masyarakat untuk selalu berprilaku hidup sehat dan bersih, terus disiplin mematuhi protokol kesehatan.

Penghargaan sebagai Puskesmas terbaik diterima langsung oleh Kepala Puskesmas Maesaan dr. Silvana Feronita Pakasi dan penghargaan sebagai pengelola program Promkes terbaik diterima oleh Quiteria Manopo SKM, yang diserahkan oleh Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar SH disaksikan oleh Kepala Dinkes Minsel dr. Erwin Schouten, dan jajaran pegawai Dinas Kesehatan Minsel. (Hengly)*