Terbaik Dalam Pelayanan Publik, Pemkot Manado Dapat Pujian dari KemenPAN-RB

Manado130 Dilihat

Manado, transparansiindonesia.co.id – Sejumlah inovasi pelayanan publik yang dihadirkan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado menuai apresiasi dari Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Prof Diah Natalisa saat melakukan kunjungan kerja di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Manado, Selasa (21/9) kemarin.

Menurut Deputi, di bawah kepemimpinan Wali Kota GS Vicky Lumentut, inovasi pelayanan publik Kota Manado telah meraih penghargaan di tingkat nasional bahkan internasional. “Dimulai dari program kesehatan Universal Health Coverage (UC), Cerdas Command Center (C3) hingga aplikasi PANADA (Portal Analisis Data Berbasis Peta) pada 2019 lalu, inovasi pelayanan publik yang dihadirkan Pemkot Manado sudah menjadi role model nasional,” pujinya.

Kementerian PAN RB usai melakukan evaluasi pelayanan publik di Pemkot Manado, Selasa (22/9) kemarin.(foto: humas)

Lanjutnya, apa yang dilakukan Walikota Manado sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang selalu mengingatkan untuk menjalankan birokrasi yang memberi kemudahan dan layanan paripurna kepada masyarakat. “Hal ini patut menjadi kebanggaan yakni komitmen Pemkot Manado untuk menghadirkan gedung Mall Pelayanan Publik (MPP). Tahun lalu, ketika mengunjungi MPP di Manado Town Square (Mantos), saya usulkan ke pak walikota agar dibangun gedung MPP. Dan tahun ini, usulan tersebut langsung direalisasikan dan bangunannya hampir rampung,” ujar Prof Diah menambahkan setahunya Gedung MPP Kota Manado merupakan yang pertama di Indonesia dibangun dari awal.

Baca juga:  Kantor PDAM Manado Diduga Dijadikan Tempat Pesta Miras

Prof Diah juga mengaku, pihaknya akan memberi sejumlah masukan terhadap pembangunan fisik gedung mall pelayanan publik agar nantinya juga ramah kepada kaum difabel. “Sementara untuk operasional ke depan, peningkatan infrastruktur teknologi serta peningkatan kualitas sumber daya manusia kiranya menjadi perhatian. Karena dalam era tatanan normal baru dan kemajuan teknologi, kita dituntut memberi respon dan solusi terhadap persoalan di masyarakat,” harapnya.

Sementara Wali Kota GS Vicky Lumentut diwakili Sekretaris Kota, Micler Lakat mengatakan kalau seluruh jajaran Pemkot Manado telah berkomitmen terus menghadirkan inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Baca juga:  Dirindukan Warga Pimpin Manado, Ribuan Massa Antar Imba-Ivan Mendaftar Di KPU Manado

“Berkat kerja keras seluruh jajaran, pelayanan publik di Kota Manado terus mengalami peningkatan beberapa tahun terakhir ini. Sesuai penilaian KemenPAN-RB, Kota Manado diganjar nilai B. Dan kita upayakan agar bisa menyabet nilai A dengan sejumlah perbaikan yang dilakukan sesuai arahan KemenPAN-RB,” kata Sekot.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Jimmy Rotinsulu juga menambahkan, hasil evaluasi pelayanan publik di wilayah III, DPM-PTSP Kota Manado mendapatkan penghargaan sebagai Role Model Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori ‘Sangat Baik’ dari KemenPAN-RB, 2019 lalu.

“Untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, pembangunan MPP di Komplek Mantos III terus digenjot. Dimana, sesuai laporan dari Dinas Pekerjaan dan Tata Ruang (PUPR), fisik bangunan sudah sekira 80 persen yang rampung. Kehadiran MPP pastinya akan membuat pelayanan publik lebih maksimal, transparan dan cepat,” pungkas pria low profile ini.

(T2)*

Yuk! baca artikel menarik lainnya dari TRANSPARANSI INDONESIA di GOOGLE NEWS