Dampak Covid-19, Pemdes Temboan Salurkan Bansos Peduli-CEP Kepada Warga

Minsel172 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Upaya Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan untuk penanganan dampak Covid-19 bagi warga masyarakat Minahasa Selatan, salah satunya diwujudkan melalui pemberian bantuan sosial pangan kepada warga masyarakat yang sangat membutuhkan akibat terdampak Covid-19.

Dengan Program Peduli Covid-19 Emergency Priority (Peduli-CEP) Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan sudah mulai menyalurkan bantuan sosial pangan kepada para warga masyarakat melalui pemerintah desa, yang diserahkan di kantor camat masing-masing.

Penyerahan langsung bantuan sosial pangan dari Pemkab Minsel diserahkan langsung oleh Bupati Minahasa Selatan DR.Christiany Eugenia Paruntu SE, kepada Pemerintah Desa Temboan Kecamatan Maesaan, pada Jumat, 24 April 2020 pekan lalu, dan diterima langsung oleh Pejabat HukumTua Desa Temboan Deisy Songgigilan SE.

Pemerintah Desa Temboan, setelah mendata para keluarga yang pantas menerima bantuan sosial tersebut, langsung menyalurkan kepada warga masyarakat atau keluarga yang terdampak Covid-19, dan benar-benar membutuhkan bantuan sosial tersebut, pada Rabu 28 April 2020.

Penyaluran bansos Peduli-CEP, kepada warga masyarakat desa Temboan oleh Pemdes Temboan, mendapat pengawalan dari Pihak Polsek Tompasobaru yang dihadiri langsung oleh Kapolsek Tompasobaru Iptu Jefry Mailensun dan Danramil Tompasobaru M.Wongkar.

HukumTua Desa Temboan Deisy Songgigilan SE, mengatakan bahwa bantuan sosial tersebut diserahkan kepada seluruh warga masyarakat desa Temboan yang tidak termasuk penerima bantuan PKH, BPNT, ASN, dan TNI-POLRI.

Baca juga:  Ditandai Ibadah Syukur, Jemaat GMIM Zailo Rayakan HUT Ke-99

Kepada awak media transparansiindonesia.co.id, Pejabat HukumTua Desa Temboan Deisy Songgigilan mengatakan, oleh pengaturan dan sesuai dengan data yang ada di Pemerintah Desa, serta pula berpatokan pada aturan dan ketentuan yang berlaku maka penyaluran bansos pangan Peduli-CEP bagi warga yang terdampak covid-19, disalurkan Kepada warga masyarakat penerima manfaat bansos Peduli-CEP.

“Dari data yang ada, maka selain keluarga penerima PKH, BPNT, ASN dan TNI-POLRI, seluruh keluarga yang ada di Desa Temboan telah menerima bantuan sosial, yakni melalui bantuan Peduli-CEP, dalam upaya penanganan dampak Covid-19,” kata HukumTua Deisy Songgigilan.

Dikatakannya pula bahwa warga masyarakat desa Temboan yang terdampak Covid-19 dan benar-benar sangat membutuhkan bantuan, semua telah tercover dan menerima bantuan Peduli-CEP dan bantuan dari Pemerintah Pusat.

“Atas nama warga masyarakat Desa Temboan, saya selaku pejabat HukumTua, menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, Ibu Bupati DR.Christiany Eugenia Paruntu SE dan Wakil Bupati Pak Franky Donny Wongkar SH, yang telah peduli dengan warga masyarakat Desa Temboan yang terdampak Covid-19, dan telah memberikan bantuan pangan melalui program Peduli Covid-19 Emergency Priority,” ujar Deisy Songgigilan.

Penyaluran Bansos tersebut, oleh Pemerintah Desa Temboan dilakukan dengan cara door to door, yakni bantuan langsung dibawa ke rumah-rumah warga penerima, dan mendapat pengawalan dari pihak Polsek Tompasobaru dan Koramil Tompasobaru.

Baca juga:  MEP Dan EPS Akan Gelar Syukuran Pelantikan, Catat Tanggalnya....

“Bantuan ini adalah wujud-nyata kepedulian Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan kepada warga masyarakat dimasa pandemi Covid-19 saat ini, dan dengan harapan bantuan ini setidaknya akan meringankan beban keluarga, dan untuk keberlanjutan kehidupan keluarga,” tambah Deisy Songgigilan.

Salah satu warga penerima bantuan, pun mengungkapkan rasa syukurnya setelah menerima bantuan tersebut, dan setidaknya telah meringankan beban keluarga dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

Kapolsek Tompasobaru Iptu Jefry Mailensun yang turut mendampingi penyaluran bansos tersebut mengatakan bahwa, ini merupakan tugas kepolisian dalam mendampingi penyaluran bansos kepada warga, agar berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

“Selain di Desa Temboan, Pihak Polsek Tompasobaru juga melaksanakan pendampingan dan pengawalan penyaluran bantuan sosial pangan di Desa Raratean, dimana penyalurannya berjalan dengan baik, yang dilakukan oleh pemerintah desa,” kata Kapolsek Iptu Jefry Mailensun.

(Hengly)*